​Prof. Sardy, Mengatasi Kemiskinan Himpun Kekuatan AZIS dan Wakaf

Abuzakir Ahmad Fri 15 Jan, 2016

​Prof. Sardy, Mengatasi Kemiskinan Himpun Kekuatan AZIS dan Wakaf

Prof. DR. H. Sardy Sar. M. Eng. SC . Rektor Universitas Islam Al-Azhar.

Sementara ditempat yang sama Rektor Universitas Islam Al-Azhar menyampaikan, saat ini banyak persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia terutama dari keterbelakangan dan kemiskinan yang berkepanjangan. Oleh karena itu, ummat Islam harus merapatkan barisan sehingga menjadi kuat dalam hal pengelolaan ekonomi.

"Sebenarnya banyak cara untuk mengatasi kemiskinan yakni menyediakan mutu pendidikan, seperti menambah jam mata pelajaran agama disekolah. Mengatasi kemiskinan tentu harus menyediakan sarana yakni menghimpun kekuatan dengan cara Amal, Zakat, Infaq, Sedekah dan terakhir "Wakaf". Ini yang terbaru, Wakaf, "katanya dihadapan peserta Muzakarah Nasional.

Bila semua menyadari ilmu pengetahuan, harta pemberian Tuhan yang tidak mungkin dibawa pulang maka, orang itu akan berwakaf. Sebab, yang dibawah ketika ajal menjemput hanya tiga yakni, amal saleh, harta yang bermanfaat (sedekah) dan nama baik.

Memanfaat harta peninggalan untuk kemaslahatan ummat lewat Wakaf yang benar secara legal, maka inisiatif itu sangat bagus sekali. Sebuah inovasi yang teruji, Kalau bisa Wakaf Al-Azhar berhasil hingga go internasional, maka damailah negeri ini.

Namun dalam pembahasan tentang wakaf dan mengarah ke ummat muslim yang mempunyai hak cipta royalti hingga internasional, maka pembayaran royalti bisa untuk diwadahi.

"Saya berharap, Wakaf Al-Azhar harus diatur dengan dua hal yakni pengelolaannya secara profesional dan pelaporan akurat pada stokeholder yang melibatkan masyarakat luas, "ujarnya. Wakaf Al-Azhar/Abuzakir Ahmad